…I♥LYQ…

MATH in FACETWITPLURK

Posted on: January 5, 2011

MATH in FACETWITPLURK

Oleh: Lilik Suliandari (G1D 007 026)

Helooo para Netizen (internet Citizen), para pecinta dunia maya, khususnya bagi para pengguna jejaring sosial internet…

Salam kenal dan salam maya…hehehe 🙂

Nah kalian pasti udah gak asing kan sama maraknya jenis-jenis situs jejaring sosial yang ada di dunia maya saat ini…mulai dari friendster, Yahoo Messengers, sampai yang paling ngetop belakangan ini Facebook and Twitter, eitssss and PLURK juga. Nah loh…..saya yakin pasti di antara teman-teman semua paling tidak memiliki 1 account dari berbagai situs jejaring sosial yang ada, iyaaa kan… apalagi Facebook, sampai-sampai ada istilah “Hari gini, gak punya FB? Apa kata dunia”…haha…ya mungkin agak terlalu berlebihan yah, itu kan hak dari masing-masing individu mau bikin account FB atau gak…^^, (FB istilah populer untuk Facebook).

Yasudah, dari pada ngalor ngidul gak jelas, disini saya mau jelasin dulu kenapa saya mengambil judul tulisan ini “MATH in FACETWITPLURK”. Kalo di telaah dari judul tersebut akan tersirat 5 kata:

MATH-in-FACEBOOK-TWITTER-PLURK. Kenapa saya mengambil hanya 3 situs jejaring ini Facebook, Twitter, and Plurk? Karena saya termasuk sebagai pengguna ketiga situs jejaring tersebut, jadiii saya cukup memahami karakteristik ketiga situs tersebut..hehehe *lebay deh bahasa gw*. Yuhuuu…whatever lah yah, jadi maksud dari judul tulisan ini yaitu Matematika dalam Twitter, Facebook, dan Plurk. Hmm…kalian pasti bertanya-tanya kog Matematika?? Emang ada Matematika dalam Facebook, Twitter, and Plurk??? Hihiii…ini nih bakal saya bahas lebih lanjut, Matematika seperti apa sih yang ada di dalam ketiga situs jejaring sosial ini, berupa rumus kah?? Berupa teorema kah? Berupa apa yaaaaaa…..????? *&%*(@$#)$*

Math Graph to Connect Us

Sebelumny saya mau kasih tau dulu nih apa itu Facebook, Twitter, and Plurk. Walaupun kalian pasti udah pada tau ketiganya itu merupakan situs jejaring sosial, tempatnya kita saling berteman dalam dunia maya, tapi gak ada salahnya toh saya ulas sedikit, biar kalian lebih paham lagi..oke, oke… ^^

Facebook:

Facebook adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School.

FB merupakan website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya.

Fitur-fitur yang dimiliki facebook:
1. Bisa Posting
2. Terdapat grup dan halaman
3. Mempunyai aplikasi game atau yang lain.
4. Bisa mengomentari postingan orang lain dan juga dapat menyukai atau tidak menyukai.

Twitter:

Twitter adalah sebuah situs mikroblog dan situs web jejaring sosial yang memberikan fasilitas bagi pengguna untuk mengirimkan “pembaharuan” berupa tulisan teks dengan panjang maksimum 140 karakter melalui SMS, pengirim pesan instan, surat elektronik, atau aplikasi. Twitter didirikan pada Maret 2006 oleh perusahaan rintisan Obvious Corp. Kata twitter secara harfiah berarti ‘berkicau’. Situs ini mempunyai konsep blog mikro dalam penggunaannya.

Pengertian simplenya, Twitter merupakan situs sosial yang membuat koneksi kita dengan orang lain lebih mudah hanya dengan mengisi “What are you doing now?” Dengan begini, orang-orang dapat mengetahui aktivitas yang kita lakukan setiap hari.. Sesama user dapat saling mengomentari statusnya dan bisa mengirimkan Direct Message yang sifatnya privasi..

Fitur-fitur yang dimiliki twitter:

1. Bisa posting (harus)
2. Follower n following system.

Plurk:

Plurk adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog gratis yang mengizinkan pengguna mengirim pembaruan (dikenal sebagai suatu plurk) melalui antarmuka web, pesan singkat, atau cara lain, dengan panjang maksimum 140 karakter. Pembaruan ini akan ditampilkan pada halaman web pengguna menggunakan garis waktu yang menampilkan semua pembaruan yang diterima dengan urutan kronologis, dan selanjutnya disampaikan ke pengguna lain yang masuk. Pengguna dapat menanggapi pembaruan pengguna lain dari garis waktu mereka melalui situs web Plurk.com,pengirim pesan instan, atau pesan singkat.

Fitur-fitur yang dimiliki Plurk:
1. Bisa posting
2. Terdapat daftar posting
3. Postingan terdapat emocticon.
4. Tema dapat diganti dengan CSS template.

5. Ada istilah “Karma”. Karma adalah suatu penilaian tertentu terhadap aktivitas anggotanya.

Nah…dari pengertian di atas dan terlepas dari perbedaan fitur-fitur yang dimiliki ketiga social network (jejaring sosial) tersebut saya akan menunjukkan pada kalian apa sih sisi Matematika yang bisa kita temukan di dalam ketiga social network itu…

Ada beberapa perbedaan yang mendasar tentang Twitter, Facebook, and Plurk. Salah satu yang mungkin cukup signifikan adalah perbedaan dalam hubungan antara setiap individu dalam ketiga situs jejaring sosial tersebut. So, melalui tulisan ini saya akan lebih menekankan bagaimana hubungan antar user dari masing-masing social network tersebut dan ingin menunjukkan unsur Matematika yang bisa diaplikasikan ke dalam ketiga social network ini, nah unsur matematika tersebut yaitu unsur Teori Graf. Jadi di sini saya akan medefinisikan Teori Graf dengan istilah berbeda yaitu MathGraph to Connect Us sebagai representasi graf di dalam kaitan bagaimana sih pola hubungan antara setiap pengguna (user) dalam ketiga social network Twitter, Facebook, dan Plurk.

Pada Facebook, hubungan sosial antara dua individu bersifat komutatif. Maksudnya, jika si A berteman dengan si B, sudah pasti si B juga berteman dengan si A.

Berbeda dengan Facebook, Twitter menggunakan sistem following-follower. Pengertian following adalah orang-orang yang kita ikuti update statusnya, sedangkan follower adalah orang-orang yang mengikuti update status kita. Pada sistem ini, jika si A follow (mengikuti) si B, maka si B tidak harus selalu mengikuti si A. Si B bisa memilih sendiri siapa-siapa yang ingin dia ikuti update statusnya.

Sedangkan pada Plurk, hubungan pertemanannya menggunakan sistem friends dan fans, yang merupakan kombinasi dari Facebook dan Twitter. Maksudnya, friends di sini sifatnya sama seperti pertemanan pada FB, jika si A berteman dengan si B, sudah pasti si B juga berteman dengan si A. Sedangkan fans layaknya istilah follow pada Twitter, jadi bila menjadi fans maka secara otomatis kita mengikuti update statusnya, untuk sistem fans pada Plurk ini berlaku jika si A fans si B, maka si B tidak harus menjadi fans dari si A. Jadi si B bisa memilih sendiri ingin menjadi fans dari pengguna lain yang diinginkannya. Kenapa ada dua kategori hubungan sosial dalam Plurk ini? Hmmm…mungkin sih ini hanya untuk membedakan bahwa friends khusus untuk orang-orang terdekat yang dikenal saja, sedangkan fans adalah kebanyakan orang-orang yang tidak begitu dikenal dan memang hanya ingin mengikuti timeline status kita. Hihihi…istilahnya membuat kita berasa jadi artiiiissss, yaaa gak siiih…. :p

Oke..oke… Sebelumnya akan saya jelaskan secara singkat dulu apa sih Teori Graf dalam ilmu Matematika itu. Teori graf digunakan untuk mempelajari tentang graf, yaitu sebuah struktur matematika yang digunakan untuk memodelkan relasi pasangan antar objek dalam sekumpulan objek tertentu. Graf merupakan himpunan simpul atau verteks dan sekumpulan edge atau arc yang menghubungkan dua buah simpul tertentu. Banyak hal dalam dunia ini yang bisa dimodelkan dengan graf. Algoritma PageRank dalam search engine Google merupakan salah satu contoh penerapan graf. Karena di sini saya membuat definisi baru, maka MathGraph to Connect Us akan saya jabarkan sebagai berikut:

Definisi
MathGraph to Connect Us. Graf FTP (FacebookTwitterPlurk) didefinisikan sebagai pasangan himpunan (U, C) ditulis dengann notasi FTP=(U, C), yang dalam hal ini U adalah himpunan tidak-kosong dari simpul-simpul (user atau pengguna) dan C adalah himpunan sisi (Connect atau busur hubungan) yang menghubungkan sepasang pengguna.

Sisi pada graf dapat mempunyai orientasi arah. Berdasarkan orientasi arah pada sisi, maka secara umum ada dua jenis mathGraf:

  1. Jenis pertama disebut sebagai mathgraf tak berarah (undirected mathgraph).

    Graf yang sisinya tidak mempunyai orientasi arah disebut graf tak-berarah. Pada graf tak berarah, tidak menganggap adanya perbedaan antara dua buah simpul (user atau pengguna) yang dihubungkan oleh sebuah connection (hubungan pertemanan), yang artinya urutan pasangan simpul (user) yang dihubungkan oleh sisi tidak diperhatikan. Jadi, (a,b) = (ba) adalah sisi yang sama.


  1. Jenis kedua disebut mathgraf berarah (directed mathgraph-digraph).

    Graf yang setiap sisinya diberikan orientasi arah disebut sebagai graf berarah. Kita lebih suka menyebut sisi berarah dengan sebutan busur (arc). Pada mathgraf berarah, (a,b) dan (b,a) menyatakan dua buah busur yang berbeda, yang artinya memiliki pengertian bahwa connection (hubungan) diarahkan dari satu pengguna ke pengguna yang lain (antar user), dengan kata lain (a,b) ≠ (b,a). Untuk busur (a,b), simpul/user a dinamakan user asal (initial vertex) dan simpul/user b dinamakan user terminal (terminal vertex).


Maka untuk melihat bagaimana pola hubungan antara setiap pengguna (user) dalam ketiga social network Facebook, Twitter dan Plurk ini terlihat lebih sederhana, mari kita gunakan Definisi MathGraph to Connect Us untuk merepresentasikannya. Berikut ini adalah contoh representasi mathgraf dari ketiga social network Facebook, Twitter dan Plurk:


Hubungan pertemanan dalam Facebook dapat dimodelkan dengan menggunakan mathgraf tak berarah. Hal ini disebabkan adanya hubungan yang setara antara dua orang dalam situs ini seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Jadi jika si A terhubung/berteman dengan si B, maka si B juga terhubung/berteman dengan si A (sifat komutatif). Sehingga para pengguna FB yang telah berteman bisa saling menerima update status dari masing-masing user. Representasi mathgraf dari hubungan sosial dalam Facebook dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

MathGraph to Connect Us on Facebook

Pada gambar di atas dapat kita lihat:

  • Lilik Suliandari memiliki hubungan pertemanan dengan Apriana Hidayanti.
  • Apriana Hidayanti memiliki hubungan pertemanan dengan Lilik Suliandari, Kemala Dewi, dan Kadek Parna.
  • Kemala Dewi memiliki hubungan pertemanan dengan Apriana Hidayanti dan Kadek Parna.
  • Akhirnya, Kadek Parna memiliki hubungan pertemanan dengan Apriana Hidayanti dan Kemala Dewi.

 

Berbeda dengan Facebook, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya hubungan sosial dalam Twitter dapat direpresentasikan sebagai graf berarah, atau digraph. Pertama, kita asumsikan bahwa arah pada edge menunjukkan aliran informasi (atau update status) dari satu akun ke akun lain. Artinya jika si A mem-follow si B, maka A akan mendapatkan informasi status dari B, sehingga akan ada edge berarah dari A ke B. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut.

MathGraph to Connect Us on Twitter


Dari gambar di atas, dapat kita lihat beberapa hubungan sosial:

  • @ilovelyq mem-follow @justinbieber, atau dengan kata lain @ilovelyq adalah follower dari @justinbieber.
  • @aristhia adalah follower dari @ilovelyq.
  • Dan @adit38 adalah follower dari @ilovelyq dan @aristhia.
  • Pada edge (sisi) yang menghubungkan antara @ilovelyq dan @adit38 terdapat dua arah. Hal ini menunjukkan hubungan timbal balik antara @ilovelyq dan @adit38. Artinya, @ilovelyq merupakan follower dari @adit38 dan berlaku juga sebaliknya.

Nah lain Facebook & Twitter, maka beda pula untuk Plurk, karena hubungan pertemanan dalam social network ini menggunakan sistem friends dan fans, maka seorang plurkers hanya bisa memilih antara menjadi teman atau fans dari plurkers lain. Ada hal yang perlu di catat, dalam hal ini saya abaikan bagaimana plurkers yang di add sebagai teman mengkonfirm plurkers lain, dengan kata lain bila di add sebagai teman maka plurkers akan dikonfirms sebagai teman. Mengapa demikian??? Soalnya, dalam Plurk, bila kita meng-add plurkers lain sebagai teman, maka plurkers yang bersangkutan berhak memilih untuk mengkonfirm kita sebagai teman atau fansnya.

Karena pada Plurk terdapat 2 model hubungan sosial yakni friends dan fans, maka akan terdapat 2 pola mathgraph untuk masing-masing hubungan sosialnya.

Hubungan friends, jika si A berteman dengan si B, sudah pasti si B juga berteman dengan si A. Jadi, si A akan menerima timeline status dari si B dan begitu pula sebaliknya. Nah berikut merupakan Representasi mathgrafnya:

MathGraph to Connect Us on Plurk as friends

Dari gambar di atas, dapat dilihat hubungan sosial antara:

  • @loveliq berteman dengan @luckylestari, @ngo1389, dan @shapanda. Artinya @loveliq mengikuti timeline status dari mereka.
  • @luckylestari berteman dengan @loveliq dan @shapanda. Artinya @luckylestari mengikuti timeline status dari mereka.
  • @shapanda berteman dengan @loveliq, @luckylestari, @ngo1389. Artinya @shapanda mengikuti timeline status dari mereka.
  • @ngo1389 berteman dengan @loveliq, @shapanda. Artinya @ngo1389 mengikuti timeline status dari mereka.

Hubungan sosial fans pada Plurk diartikan bila menjadi fans maka secara otomatis kita mengikuti update statusnya. Untuk hubungan fans ini jika si A fans si B, maka si A mengikuti timeline status
dari si B, sedangkan si B belum tentu sebaliknya. Jadi Representasi mathgrafnya sebagai berikut:

MathGraph to Connect Us on Plurk as fans


Dari representasi mathgraf di atas, dapat dilihat hubungan sosial antara:

  • @na_nana, @aristhia, @upie_ndud menjadi fans dari @loveliq. Artinya mereka mengikuti timeline status dari @loveliq.
  • @na_nana menjadi fans dari @upie_ndud. Begitu pula sebaliknya @upie_ndud menjadi fans dari @na_nana. Artinya ada hubungan sosial timbal balik sebagai fans, jadi sama-sama saling mengikuti timeline status masing-masing.

Jadiiiiiiiiiii….setelah uraian di atas bisa disimpulkan bahwaaaa:
1. Penggunaan teori graf kurang lebih mampu mempresentasikan hubungan antar pengguna situs jejaring sosial pada Facebook, Twitter, dan Plurk atau juga social network lainnya yang menggambarkan jaringan/hubungan sosial pertemanan.

2. Pada facebook, Teori graf memberikan gambaran mengenai hubungan sosial pertemanan dalam bentuk undirected graph.

3. Pada twitter, Teori graf memberikan gambaran mengenai hubungan sosial pertemanan (following-follower) dalam bentuk directed graph-digraph.

4. Pada Plurk, Teori Graf memberikan 2 buah gambaran mengenai hubungan sosial antar user sebagai friends dalam bentuk undirected graph, dan hubungan sosial sebagai fans dalam bentuk directed graph-digraph.

 

Nah,,,mudah bukan memahami Teori Graf Matematika ini, lain waktu kita coba untuk menganalisis lebih lanjut tentang graf pada jejaring sosial lainnya yah…

Oke… cukup sekian pembahasan dari saya mengenai aplikasi Teori Graf dalam situs jejaring sosial/social network pada Facebook, Twitter, dan Plurk.

Thank you so much u guys, yang udah bersedia membaca tulisan saya ini walaupun hanya sekilas…hehe..i still appreciate it ^^,

Tapi saya akan lebih menghargai lagi kalo kalian memberikan saya “bintang” sebagai tanda “suka” pada tulisan saya ini…hahhaha…

Semoga Tuhan Yang Maha Esa yang akan membalas kebaikan kalian semua…amiiiiiiiin 🙂


Regards,

-ilovelyq-


P.S:

Klik link di bawah ini untuk menjalin mathgraph dengan saya di Facebook, Twitter, and Plurk🙂

: facebook.com/ilovelyq

: twitter.com/ilovelyq

: www.plurk.com/loveliq/invite

2 Responses to "MATH in FACETWITPLURK"

hmmb
blog.a bisa lebih complete ga ya ???

Hee…lagi jarang ngeblog skrg2 ini.. :p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

LoveLyq


welcome to my blog :)
it's all about random things that I see, I heard, I learned, I felt, and I loved to...
this is my random blog, this is my inspiration!
enjoy it!
xoxo :)

My Plurk

Tumblr

♥ it's all about life ♥ it's all about laugh ♥ it's all about love ♥ and this is story about LoveLyq ♥

"If you want to be loved, be lovable."

I'm not gonna change for anyone, I don't care what people think, because I am me, I am rock and proud of it.

-LoveLyq-


YM: a_lovelyq

acc :
http://www.facebook.com/ilovelyq
http://twitter.com/ilovelyq
http://www.plurk.com/loveliq/invite
http://formspring.me/loveliq

blog :
http://ilovelyq.wordpress.com/
http://alovelyq.blogspot.com/

My Twitter

Blog Stats

  • 90,797 hits

online.online

Calender

January 2011
M T W T F S S
« Dec   Aug »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

My Archives…

Category

Gamatika Go!

Mathematics Addicts ’07

STOP GLOBAL WARMING

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 6 other followers

RSS Detik News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Blogdetik Tips

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: