…I♥LYQ…

Kenapa Orang Tidur Mendengkur (ngorok) ?

Posted on: March 25, 2010

hii,,,guyz… kalian kalo tidur ngorok apa ngga??? hmmm…kira-kira kenapa yah kita bisa mendengkur (ngorok) saat tidur?

ngorok...zzz..zzz...zzz


nah,,yuuk kita bahas….

Mendengkur atau biasa disebut ‘mengorok’ dalam dunia kedokteran disebut sleep apnea terjadi karena adanya penyempitan saluran nafas. Saluran nafas yang menyempit tersebut apabila dilalui udara maka akan menimbulkan suara. Sehingga, terciptalah dengkuran saat kita sedang tidur.

Penyebab menyempitnya saluran nafas antara lain sbb:
1. karena sewaktu tidur otot-otot pernafasan mengendur;
2. karena melemahnya otot tenggorokan dan otot lidah;
3. karena adanya amandel yang terlalu besar;
4. karena lidah jatuh ke belakang akibat posisi tidur yang terlentang, dan;
5. karena adanya benjolan pada tenggorokan sebagai akibat kegemukan atau penyakit tertentu.

Bahaya Mendengkur Mendengkur ternyata bisa cukup berbahaya. Karena, pada saat mendengkur suplai oksigen ke seluruh tubuh terganggu akibat menyempitnya saluran nafas. Sehingga, apabila gangguan suplai oksigen tersebut berlangsung lama, saat tidur tubuh kita akan kekurangan oksigen. Akibatnya, nyawa kita akan terancam. Hal ini biasanya terjadi pada OSA (obstructive sleep apnea) dimana mendengkur sudah mencapai tahap mampu menghentikan pernapasan untuk beberapa saat. Ciri dengkuran berbahaya tersebut adalah dengkuran terdengar keras lalu tiba-tiba terputus dan dilanjutkan kembali dengan hentakan nafas. Saat terjadi situasi seperti itu seluruh organ tubuh kita akan bekerja lebih keras, termasuk jantung dan otak. Jantung akan bekerja keras memompa darah lebih banyak lagi untuk memenuhi kebutuhan oksigen. Sementara itu, otak bekerja keras membuat kita tersadar dari tidur agar pernapasan yang terhenti dapat dilanjutkan kembali.

Dalam jangka pendek seseorang yang mendengkur seperti itu akan merasa mengantuk secara berlebihan pada siang hari saat tidak melakukan kegiatan yang melibatkan fisik.Selain itu, orang tersebut juga akan menjadi mudah lupa dan sulit untuk berkonsentrasi dengan baik.

Dalam jangka panjang orang tersebut akan mudah terserang penyakit berbahaya sepert hipertensi (tekanan darah tinggi), stroke, dan jantung. Hal ini disebabkan karena jantung dan otak mereka akan mengalami kelelahan dan mudah rusak akibat sering dipaksa bekerja keras.

Selain dampak berbahaya tersebut, mendengkur juga dapat menyebabkan hal-hal berikut:
1. Tidur menjadi tidak sempurna sehingga selalu muncul rasa kantuk dan rasa lelah yang berlebihan di siang hari.
2. Muncul berbagai penyakit, seperti: mudah lupa, sakit kepala, darah tinggi, stroke, dan jantung.

Bagaimana Mengatasi Mendengkur? Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghindari mendengkur sbb:
1. Jika mendengkur dipicu oleh faktor berat badan yang berlebihan, maka berusahalah untuk mengurangi berat badan agar jalan napas menjadi lega.
2. Bila mendengkur disebabkan karena adanya amandel, maka sebaiknya segera lakukan operasi amandel.
3. Hindari minuman beralkohol karena alkohol menyebabkan penekanan pusat napas di otak.
4. Berusahalah untuk berhenti merokok karena rokok juga dapat menyebabkan mendengkur.
5. Hindari obat tidur, obat flu, obat penghilang rasa cemas, dan sejenisnya karena obat-obat tersebut juga dapat menimbulkan gangguan nafas saat tidur.
6. Jika kita memiliki alergi terhadap sesuatu, maka hindarilah faktor pemicunya. Karena, ternyata alergi juga dapat memicu timbulnya dengkuran.
7. Usahakan untuk tidak tidur terlentang. Karena, pada saat tidur terlentang jalur pernapasan terhalang oleh otot di sekitar lidah yang jatuh ke belakang.

nah,,,jangan sampai ngorok lagi yah tidurnya… Selamat tidur🙂

12 Responses to "Kenapa Orang Tidur Mendengkur (ngorok) ?"

Salah satu penyebab di atas membuat tidurku mendengkur,wkwkwk…

hahaha…. coba d atasi penyebabnya, biar ga ngorok lg🙂

aku ga tau, apakah kalo lagi tidur ndengkur pa ga.hehe

kalo gt km minta tolong ortu km bwt perhatiin kamu pas lg tidur..hehe

kenapa, bunyi dengkuran orang unik2 mba?😀
contohnya bapak saya… hehe

mmph,,mungkin tergantung dari pita suara jg kali yah,,jadi bunyi dengkuran org unik2..hhihii :p

Kayaknya sdh coba smua posisi tidur di atas, tetap ngorok tuh… Amandel ok. Saya kurus. Dan tidak merokok pun alkohol. Saya jg tidak suka nyemil. Sudah coba smua solusi di atas kok tetap parah yah?😦

hmmm…mungkin suka begadang, kalo sudah datang rasa ngantuk jangan tunda untuk tidur…
kalo mau tahu penyebab lebih pasti coba periksakan ke dokter aja🙂

Ngorok yah? Untung saya ngga ngorok🙂

klo orng nya kurus tapi ngook apakah bisa mengakibatkan sesuatu penyakit ?

Ilyas: hehe..baguslah klo tidak punya kbiasaan mendengkur🙂

kiki: kurus ataupun gemuk, intinya klo mendengkur tetap punya efek negatif, slain bs menyebabkan gangguan nafas dsaat tidur shingga tidur mjd tdk sempurna. Selama kita menerapkan pola hidup sehat, peluang muncul penyakit jd lbh kecil.

kira2 ada gk yach obat tuk ngilangin ngorok… klo ada merk apa yach…???😀🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

LoveLyq


welcome to my blog :)
it's all about random things that I see, I heard, I learned, I felt, and I loved to...
this is my random blog, this is my inspiration!
enjoy it!
xoxo :)

My Plurk

Tumblr

♥ it's all about life ♥ it's all about laugh ♥ it's all about love ♥ and this is story about LoveLyq ♥

"If you want to be loved, be lovable."

I'm not gonna change for anyone, I don't care what people think, because I am me, I am rock and proud of it.

-LoveLyq-


YM: a_lovelyq

acc :
http://www.facebook.com/ilovelyq
http://twitter.com/ilovelyq
http://www.plurk.com/loveliq/invite
http://formspring.me/loveliq

blog :
http://ilovelyq.wordpress.com/
http://alovelyq.blogspot.com/

My Twitter

Blog Stats

  • 90,797 hits

online.online

Calender

March 2010
M T W T F S S
« Jun   Apr »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

My Archives…

Category

Gamatika Go!

Mathematics Addicts ’07

STOP GLOBAL WARMING

Masukkan alamat surel Anda untuk berlangganan blog ini dan menerima pemberitahuan tulisan-tulisan baru melalui email.

Join 6 other followers

RSS Detik News

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.

RSS Blogdetik Tips

  • An error has occurred; the feed is probably down. Try again later.
%d bloggers like this: